Kamis, 01 Agustus 2013

Blog. Ucuv Kdp- Ciri-ciri khusus makhluk hidup

Ciri khusus pada hewan                                                                        

1. Cicak


Cicak adalah hewan yang dapat merayap pada dinding  dan juga pada batang pohon, 
 '' kenapa cicak pada saat merayap di dinding dan langit-langit rumah cicak tidak terjatuh ?
Cicak pada saat merayap di dinding dan langit-langit rumah cicak tidak terjatuh karena pada kaki cicak memiliki jari yang berperekat. Begitu pula cicak pada saat ia diserang musuh yang untuk memangsanya, cicak pun dapat mempertahankan dirinya yaitu dengan cara memutuskan ekornya. 
   Contoh : pada saat cicak hendak dimangsa kucing maka cicak dengan sengaja memutuskan ekornya dan ekor cicak itu bergerak gerak terus, dan pada akhirnya perhatian kucing beralih pada ekor cicak, sementara cicak melarikan diri maka selamatlah cicak dari serangan musuh.

Kesimpulannya bahwa cicak memiliki ciri-ciri
a. Cicak dapat menempel di dinding dan langit - langit rumah.
b. Cicak memiliki jari kaki berperekat.
c   Makanan cicak berupa serangga kecil.
d.  Cicak memutuskan ekornya untuk mempertahankan dirinya dari serangan musuh.

2. Kelalawar
Kelalawar dapat terbang di malam yang gelap  dan tidak menabrak pohon dan benda lain yang ada di depannya. Karena pada saat terbang kelalawar mengandalkan telingga sebagai indra pendengarnya. Kelalawar akan mengeluarkan suara dari mulutnya, getaran suara dengan prekuensi tinggi tersebut mengenai benda di depannya, kemudian dipantulkan kembali pantulan bunyi tersebut dan pantulan itu diterima oleh telinga kelalawar. Oleh karena itu kelalawar dapat menentukan jenis arah dan jarak benda di depannya.
      Kelalawar juga menggunakan penciuman yang sangat tajam (peka) untuk memperoleh makanannya. Makanan kelalawar adalah buah dan serangga kecil. Dari kejauhan kelalawar dapat mencium buah yang masak dengan indra penciumnya.
         Kelalawar termasuk hewan yang bertulang belakang, yang berkembang biak dengan cara melahirkan, dan hidup kelalawar lebih senang tinggal di tempat yang gelap seperti di dalam gua, langit-langit rumah, dan ada juga kelalawar  yang bergelantung di ranting pohon. Untuk bergelantung pada gua,langit-langit rumah dan ranting pohon kelalawar memiliki cakar pada jari kaki dan bagian atas sayapnya.

Kesimpulan bahwa kelalawar memiliki ciri-ciri
a. Terbang dan mencari makan pada malam hari.
b. Kelalawar tidur pada siang hari dengan cara menggelantungkan dirinya.
c. Kelalawar tinggal pada tempat yang gelap ( bergelantung pada dinding gua )
d. kelalawar memiliki penciuman yang tajam untuk mengetahui adanya makanan.
e. Kelalawar mengeluarkan suara dengan prekuensi tinggi (sonar )yang dipantulkan kembali dan diterima      
    kembali oleh telingganya sehingga dapat mengetahui arah terbang dan benda di depannya.
f.  Pada jari kaki  dan bagian atas sayap memiliki cakar yang kuat.

3. Bebek

    Bebek memiliki bentuk paruh yang besar dan pipih yang berpfungsi untuk mencari makan di dalam air/lumpur, bebek lebih senang mencari makan di tempat yang becek dan sawah.
      Bebek memiliki jari kaki yang berselaput yang berpungsi untuk memudahkan pada saat mencari makan di air sehingga tidak terbenam dan dapat berenang. Bebek memiliki bulu yang dilapisi minyak sehingga pada saat di air bulunya cepat kering.

4. Unta
Unta dapat hidup di tempat yang kering dan gersang seperti di padang pasir , unta dapat minum sekaligus meneguk air yang banyak. Ini karena unta mempunyai punu di punggungnya, karena pada punggung unta terdapat punuk untuk menyimpan cadangan makanan. Pada punuk unta terdapat lemak tempat menyimpan cairan. Karena itu unta dapat bertahan hidup di tempat yang gersang dan bertahan hidup dalam beberapa hari tanpa makan dan minum.
    Unta memiliki kaki yang tinggi yang berfungsi agar perut unta terhindar dari panasnya pasir dari teriknya matahari di daerah padang pasir. Unta juga memiliki bulu mata yang panjang yang berfungsi untuk menghindari debu yang masuk ke mata dari tiupan angin. Begitu juga dengan hidung dan telinganya yang yang ditumbuhi bulu yang panjang yang berfungsi untuk menghindari debu dan pasir masuk, serta dapat merapatkan / menutup lubang hidungnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar